Senin, 01 Juli 2013

Review Novel "Semata Cinta"



Oke dear,sebelum aku cerita soal review buku yang di terbitin Wahyu Media ini.Aku mau cerita duluh,kenapa sampai akhirnya aku memilih Novel yang di tulis oleh Mbak Chacha thaib  “Semata Cinta” sebagai review novel yang aku tulis perdana di blog tercinta ini.
~Pertama..
Aku adalah salah satu followers akun twitter @Chachathaib.Aku suka dengan isi timeline nya,yang kadang langsung aku retweet atau di jadikan fav,karena kata-katanya ngena di hati.Selain itu juga,aku suka intip-intip wordpress nya juga blogger nya.Yang berisi puisi,kata-kata yang mak jlebb,juga model-model pakaian hijabnya,foto-foto nya (Ada juga prawedding yang kadang bikin aku iri,kapan yaah bisa bikin prawedding model begitu.

~Kedua..Karean sering nyimak timeline nya.Akhirnya aku tahu kalau mbk chacha thaib sudah melahirkan sebuah novel dengan judul “Semata Cinta”.
Dengan cover pink muda lembut.Suka banget deeh sama covernya.


Beberapa minggu yang lalu,aku sedang liburan ke palembang.
Dan saat aku bermain ke toko buku gramedia.Aku melihat buku ini.
Yupzz,aku pegang-pegang.Aku baca covernya “Karena yang setia,tak perlu di minta untuk menunggu”..Upzz ...
Mungkin,karena belum jodoh.Buku itu tidak jadi aku beli
L
Setelah itu,Aku menyesal sekali.Karena sebenarnya pengen banget baca tuh buku.Sesampai aku di cilegon,aku berniat ke toko buku lagi minggu depan,untuk membeli novel “Semata Cinta”.

Beberapa hari  sesudahnya,aku dapat mention dari @WahyuMedia..Woow,ternyata ada lomba menulis blog tentang review buku terbitan Wahyu Media sampai tanggal 8 juli 2013.Nah loh,kesempatan aku untuk ikutan.
Akhirnya,aku niat banget ke toko buku.Pertama untuk membeli novel“Semata Cinta” ,dan yang berikutnya aku ingin mencari novel terbitan Wahyu Media yang akan aku review.
Sampai di toko buku,banyak sekali terbitan wahyu media.Cover yang bagus-bagus juga penulis nya yang rata-rata aku kenal di twitter.Jadi bingung,novel manakah yang akan aku review.
Dan sedang bingungnya,mataku menemukan kembali novel “Semata Cinta”.
Aku pegang-pegang,aku baca bagian belakang covernya.Dan ternyata,sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.Kaget dikit sih,tapi jadi senyum-senyum sendiri.Tanpa berfikir berapa menit lagi.Langsung menuju meja kasir dan pulang.
Dan aku harus menyelesaikan membaca novel ini.Karena di samping aku sudah jatuh cinta dari kesan pertama,dan ternyata penerbitnya juga Wahyu Media.
So,dalam 3 hari nih novel habis aku baca.Dari yang awalnya membaca biasa aja,langsung serius dengan kalimat-kalimat yang menyayat,hingga akhirnya mewek karena jalan ceritanya sungguh menyentuh di hati.
Dan setelah kelar baca nih novel,saatnya aku langsung menulis review nya.

**
Nah sekarang aku akan muai review nya.
Jadi,novel ini menceritakan tentang sepasang kekasih bernama Arani dan Nugie.
Mereka berpacaran sudah memasuki 2 tahun anniversary.Mereka tidak pernah ribut dengan masalah apapun,mereka pasangan yang cocok dan romantis.Mereka juga adalah pasangan yang mengerti keadaan satu sama lain pasangan nya,dan menerima kekurangan dan kelebihan pasangan nya.Hanya satu masalah yaitu jarak.Jarak jakarta-bandung,dimana arani merasa ingin seperti pasangan normal lain nya,bisa bersama kapanpun tanpa adanya waktu yang membuat mereka harus berpisah untuk sementara.
Disitulah titik masalah mulai muncul.
Karakter arani,yang sama dengan perempuan-perempuan lain nya.Yang sedikit egois,namun ingin di mengerti.Juga,karakter nugie yang menjadi pria yang sabar,mencintai pekerjaan juga kekasihnya.
Konflik yang itu-itu saja,namun membuat pembacanya (Terutama aku),Merasa terbawa suasana.Dimana saat arani membutuhkan tempat untuk curhat,dengan sahabatnya ,Laras..Semua perempuan pasti membutuhkan seseorang sebagai pendengar atau sebagai pemberi masukan yang positif.

Dan saat di mana perempuan yang gengsi minta maaf dengan kekasihnya.Kejutan-kejutan dari seorang pacar seperti nugie sungguh jarang terjadi di saat ini.Di mana nugie yang dewasa dan penyabar juga penuh kasih sayang.
Juga,seorang nugie yang dengan kesabaran nya menunggu kesiapan arani untuk dilamar olehnya.
Konflik mulai bertambah.Saat arani mulai cemburu dengan seseorang.
Kemudian ketika hati arani di hadapkan pada dua pilihan.Antara mengkhianati kekasihnya atau menikmati kebersamaan nya dengan seorang pria yang datang menjadi penghibur dia saat itu.
Banyak sekali konflik hati yang membuat aku benar-benar terhanyut dengan tiap kata yang di tulis.
Saat hati arani bilang “Kalau tahu dirinya sedang dikhianati perempuan yang di banggakan nya ini,pasti nugie akan sakit.Aku sepenuhnya sadar dengan segala keputusan ku ini....”
“Beberapa hubungan tercipta bukan Cuma untuk di pikirin,tapi di jalanin.so,here we are now,tiga orang yang mencoba untuk melengkapi kebahagiaan masing-masing,Dengan cara yang salah,tapi memiliki pembenaran untuk di jalankan...”
Kemudian puncak dari isi novel adalah saat-saat terakhir novel ini kelar.Aku samapai mewek-mewek bacanya.Ini pertama kali nya aku mewek baca novel loh.Mungkin,karena aku pernah kehilangan seseorang seperti yang arani alami.Jadi,aku terbawa suasana waktu baca tiap kalimat yang menurut aku menyayat.
Jujur,baca novel ini benar-benar di luar dugaan.
Tadinya aku pikir,Cuma sampulnya yang bikin aku suka.Atau karena penulis novelnya yang aku kenal di twitter.
Tapi,ternyata setiap kata-kata dan jalan ceritanya benar-benar seperti nyata dan menyentuh.
Aku pernah mengalami Long distance relationship atau pacaran jarak jauh.
Aku juga pernah mendua.
Aku juga pernah kehilangan seseorang.
Ahh,pokoknya paket lengkap ada di novel ini.
Buat teman-teman yang sedang long distance or yang tidak,atau teman-teman yang pernah long distance,juga teman-teman yang mendengarkan curhatan teman nya yang long distance,atau juga mungkin yang pengen tahu seperti apa sih pacaran jarak jauh yang kadang jadi dilema untuk hubungan seseorang.Baca novel ini.Dijamin suka J

Ini Puisi Arani yang benar-benar menurutku ingin menangis waktu baca nya.
Bahwa semuanya masih tentang kamu.
Rindu yang enggan pergi.
Peluk yang berbalas sepi.
Dan senja yang kunikmati sendiri.
Kembalilah! Di sini masih ada aku yang butuh kamu.pujatya.blogspoot.com
Masih ada seutuh-utuhnya hati untuk kamu nikmati.
Berbahagialah kamu di sana tanpa aku?
Yang terbiasa menjadi pasangan dari cangkir putih kopimu.
Bahwa semuanya masih tentang kamu,
Jemari manis yang penah menguatkanku.
Kecupan hangat yang pernah melemahkan egoku.
Juga tatapan paling mesra yang pernah mempertahankanku.
Kembalilah!Disini masih ada aku yang butuh kamu.
Masih ada segala rasa dan alasan untuk kita jatuh cinta lagi.
Sekalipun aku tau.Tuhan akan segera mempertemukan ku dengan jodoh yang telah dia persiapkan.

Novel yang bikin ak sesegukan ini.Membawa aku kembali ke masa  hampir 2 tahun lalu.29 September 2011.Dimana aku kehilangan seseorang yang aku cintai.Saat yang paling menyedihkan,ucapan-ucapan turut berduka cita dari sahabat maupun teman ku,yang membuat sesak rasanya.Padahal itu ucapan pertanda mereka peduli dengan ku.Tapi,ucapan itu sungguh menyayat karena aku masih merasa seseorang yang pernah aku cintai itu memang masih ada.
Buat penulis nya.
Aku menanti buku kedua nya
J

Oleh Putri Utami.S.
Nama Pena :Putri Renata
 twitter @Put3Rena_Grasti

Thanks to @WahyuMedia on twitter dan @Chachathaib on twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar