Selasa, 03 Desember 2013

TENTANG AKUN PALSU DI MEDIA SOSIAL



Makin maraknya kasus penipuan melalui akun dunia maya.Guwe mau menceritakn sedikit pengalaman-pengalaman orang lain,teman,bahkan guwe sendiri.
Dan juga guwe mau sedikit menceritakan hal-hal yang membuat mereka banyak membuat “Akun palsu” “Info palsu”.
**
Oke dear,Guwe mau ceritain pengalaman guwe waktu pernah mengalami hal yang sekarang yang menjadi pembelajaran berharga buat guwe.
Sebelumnya,guwe tidak menyalahkan tentang “Pertemanan dunia maya”, “Persahabatan dunia maya” “Hubungan kakak adik an atau berpacaran sekalipun di dunia maya”.
Karena menurut guwe,dimanapun kita berada “Kebohongan,penipuan” Dunia maya atau nyata sekalipun ada.Maka “Hati hati yaaah dear..”
Sekitar beberapa tahun yang lalu,Waktu pertama kali guwe punya akun Facebook.Dan waktu itu guwe baru masuk kuliah dan juga masih dalam tahap labil.
Guwe seneng banget nge add orang hanya untuk menuhin banyak teman di facebook,guwe seneng banget nge confirm pertemanan walaupun gue gak kenal sama orang itu.
Dan terjadilah.Waktu itu ada cewek yang guwe kenal di facebook,orang bandung dan dia adalah pacar anggota (Guwe ga mau sebutin nama dan pekerjaan asli tuh cowoknya yah).Kebeneran juga cowoknya adalah junior pacar guwe.Jadi,karena itu juga guwe percaya tentang apa yang dia katakan.Sebelumya,pacar guwe juga sudah mengingatkan guwe “Hati-hati di facebook”.Namun,kebandelan guwe dan juga karena guwe merasa yakin kalau tuh cewek anak jujur,baik hati,gemar menabung,dan tidak sombong.Jadilah guwe akrab banget sama tuh cewek.
Bahkan,sama cowoknya pun guwe akrab.Masalah apapun dia cerita termasuk masalah guwe sendiri dia tahu.
Nah ceritanya ada tiga akun facebook yang nge add guwe,akun facebook itu juga berteman dengan cewek itu.Kita inisialkan saja nama tuh cewek “M”.
Tiga akun fcebook itu infonya adalah (Kerja sebagai Angkatan udara yang berpangkat perwira yang bertugas di filifina,Angkatan darat yang berpangkat perwira juga yang bertugas di batalyon infantri bandung,dan perempuan yang merupakan Pramugari Lion AIR).
Mereka awalnya ramah sama guwe,bahkan yang pramugari pun pernah menelepon guwe.
Namun kemudian hal-hal yang aneh terjadi.Dua perwira itu terlihat memperebutkan si “M”.
Guwe tak memungkiri kalau si “M”memang cantik.Namun,alangkah bodohnya bila ada dua orang perwira mengucapkan kata-kata kasar di media sosial dan terlihat sangat mengemis cinta kepada seorang perempuan.Bahkan yang tidak masuk akal adalah perempuan itu pendidikan nya biasa saja,juga tidak mungkin seorang perwira dengan segala kesibukan nya membuka aib dirinya sendiri dengan menghina orang lain di akun facebook nya.
Bahkan,sahabat guwe yang dari keluarga militer pun berkomentar “Gak ada kerjaan apa tuh perwira ol mulu”.
Dan waktu pun mengungkap segalanya.Tepatnya,pada pristiwa pesawat tempur yang jatuh di yogyakarta.Yang menewaskan 2 orang perwira kalau tidak salah.
Dan akun si “M”.Akun si “pramugari” Akun si “Perwira AD” pun membahas tentang kecelakaan pesawat itu yang menurut mereka si “Perwira AU “ ikut menjadi korban nya.
Guwe dan sahabat guwe adalah orang yang penasaran.Guwe mencoba mencari fakta melalui google,televisi,juga media masa (Koran).Dan sahabat guwe mencari melalui saudaranya yang kebetulan bertugas di yogya,dan melihat dengan kebenaran tentang fakta nama “Perwira Au”  itu bukanlah korban kecelakaan pesawat.|
Guwe pun masih penasaran.Dan iseng menelepon si pramugari.Seperti drama sinetron.Pramugari itu menangis dan bilang tentang keadaan “Perwira AU”Yang katanya pacar nya itu sedang koma.
Makin jelas saja,kalau mereka ini sedang bermain “DRAMA”.Dengan frontal,guwe membuat status meyindir mereka.
Setidaknya guwe merasa di tipu beberapa bulan,dengan meladenin mereka termasuk si “M” Yang sudah guwe anggap sebagai adik guwe ini.

“Mana ada maling ngaku”
Itu kata-kata yang tepat untuk mereka.Bahkan mereka beserta teman-teman mereka yang dibodohi pun ikut menyerang dan mengata-ngatai guwe.
Sahabat guwe yang tidak terima guwe diperlakukan begitupun ikut mencari bukti dengan mensearch beberapa angkatan-angkatan AURI,namun nama mereka tidak ditemukan.Bakan Batalyon tempat bekerja “Perwira angkatan darat”pun tidak ada anggota bernama si akun palsu itu.
Guwe pun mencoba untuk menceritakan hal ini kepada pacarnya si “M” Yang tidak tahu dengan perbuatan pacarnya yang guwe bilang “PSYCHO”.Namun,si pacarnya lebih mempercayai “M” Di banding guwe.Bahkan saking kesalnya guwe maki-maki tuh cowok dan mengganti uname kontak telepon “Cowok bego”Buatnya.
Hubungan guwe dan cowok itu akhirnya “Musuhan”Sampai sekarang.Namun denger-denger mereka putus.Bahkan si cewek “PSYCHO” itu pun sudah menikah dengan Tentara juga,namun pangkatanya jauh dibawah perwira yang notabene pacar khayalan nya.
Dan teman sahabat guwe pun,menyuruh si “M” menutup akun facebook palsu itu.Kadang mikirnya,dalam satu hari buka beberapa akun palsu apa ga da kerjaan yah tuh cewek psycho?
Tapi,guwe masih penasaran loh dengan pramugari itu.Apa dia pramugari asli?
Timbulah keisengan guwe untuk mendownload foto perwira AURI dari google untuk membuat facebook abal-abal dengan info tentara AURI, dan meng add si pramugari itu.
Namun,setelah guwe add ternyata si pramugari punya 3 akun facebook.Dan yang aktif 2 akun facebook.Pekerjaan nya pun sekarang adalah pegawai di suatu bank swasta di jakarta.
Guwe iseng untuk mengajak nya chatting sambil guwe nyoba belajar tentang AIRLINES melalui google.
Sedikit bertanya-tanya ternyata dia memang pramugari abal-abal.Entah apa misinya.Yang jelas dia mengaku pernah sekolah penerbangan di daerah bandung,yang akhirnya membawa dia bekerja sebagai pramugari.
Namun,setelah guwe selediki.Sekolah yang dia maksud itu bukan untuk sekolah pramugari.Tapi,sekolah untuk pengatur lalulintas udara.
Dan guwe juga search foto pramugari lion air dan menemukan foto yang dia ulpoad untuk foto profil facebook nya.Begitu guwe search lagi foto-foto AURI,Ternyata guwe nemuin foto-foto yang di upload oleh 2 perwira palsu itu.
Guwe sudah tidak penasaran lagi sekarang.Walau greget sama kelakuan cewek “Psycho” Itu.
Entah niatnya membuat akun palsu itu untuk apa.
Mungkin dia merasa tidak dihargai di dunia nyata.Dengan dia membuat akun palsu itu mungkin membuat dia menjadi selebritis facebook.Dia memang mempunyai beberapa teman maya yang menganggap dia itu saudara.Bahkan segan terhadap dirinya.Entahlah manusia memang kadang aneh.Bahkan yang paling lucu,ada istrinya anggota yang membela mati-matian cewek PSYCHO itu dengan mata-matain facebook guwe.
Bahkan beberapa waktu ini guwe dikejutkan dengan pernyataan beberapa selebtwiit tentang “Dwitasaridipta si tukang copas”.Dwitasridipta yang terkenal dengan tulisan-tulisan nya yang menyentuh ternyata meng copy paste karya orang lain.Bahkan begita guwe baca beberapa FAKTA tentang dia,guwe mengeleng-gelengkan kepala.Di tambah dwitasari itu sudah membuat film yang di sutradarai oleh hanung barmantyo dengan judul “CINTA TAPI BEDA”.Dan buku nya yang tekenal juga “RAKSASA DARI YOGYA”.
Katanya juga,mbak dwita tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya.Bahkan dia membeli followers untuk akun twitter nya (HAYAAAH).
**
Kembali lagi,Bagaiman cara kita bergaul yang normal di dunia maya.
Guwe akui.Guwe memang doyan sliweran di dunia maya.Bahkan guwe punya teman juga sahabat lewat dunia maya.Namun,pengalaman pahit berteman di dunia maya,membuat guwe lebih berhati-hati berada di dunia maya.Duluh,guwe suka sliweran di facebook.Namun,kesukaan guwe dengan beberapa twiit yang meyangkut soal “Tulisan juga buku” Membuat guwe lebih sering seriweran di twitter di banding fecbook.
Sebisa mungkin,sebagai manusia kita punya berbagai aktifitas.Tidak mungkin semua kita tulis di facebook.Tentang apa yang kita lakuin atau kerjakan.Tentang apa yang kita makan,tentang perasaan atau mood kita.
Sekali-kali bolehlah.Namun,jika setiap jam nya kita mengupdate status facebook.Apa itu masih di bilang normal?
Kita juga butuh mandi,makan,tidur,sholat,belajar,kerja,kumpul keluarga,main dengan teman,pacaran.Tidak hanya menggrepe grepein hape kan?
Jangan terlalu percaya dengan foto facebook atau info facebook.
Foto bisa di dapat dimana saja,apalagi google menyediakan foto apapun.mulai dari foto para pilot,pramugari,polisi,tentara,seragam kuliahan,dsb nya.Yang semuanya bisa kita download dengan mudah dan kita upload ke facebook.
Info...Bebas untuk menulis info apapun.Kita menulis info sebagi presiden republik indonesia pun bisa.Namun,apa mungkin ada presiden yang merayu-rayu perempuan di dunia maya,membuat status galau,mencolek-colek,ngajak kopi darat,ngajak mesum,membuat status kurang ajar.Kita mesti cermat.Semua orang punya aktifitas.
Jika mereka punya pekerjaan sebagai polisi,tentara,pilot.Tidak akan mungkin mereka setiap saat online.Tidak akan mungkin mereka mengucap kata-kata kurang ajar.Karena orang berpendidikan akan lebih hati-hati menuangkan tentang perasaan nya.Orang berpendidikan tidak akan pernah asal mencari teman,lebih terlihat memilih yang sesuai dengan teman nyata mereka.
Sekali lagi,hati-hati dengan dunia maya.
Tak usah terbuka di dunia maya.Karena keterbukaan kita sering kali menjadi umpan untuk mereka melakukan niat jahat terhadap kita.
Kebohongan tidak hanya terjadi di dunia maya.Di dunia nyata pun bisa terjadi.Sebisa mungkin hati-hatilah dalam memilh teman.Jangan mudah percaya dan terbuka terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar